Fantastis! Pelajar SMA Nuris Jember Berhasil Bawa Pulang Medali Perak Ajang OSN 2023

Hebat! Berprestasi Bidang Astronomi Tingkat Nasional, Santriwati Ini Juga Seorang Hafidzah

Pesantren Nuris- Luar biasa membanggakan, siswa SMA Nuris Jember Cindy Faiza Nabila, siswi kelas  XII MIPA 2 berhasil meraih medali perak di bidang astronomi dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Bogor, Jawa Barat pada Jumat tanggal 1 September 2023 kemarin.

Ia juga merupakan satu-satunya wakil dari Jember yang melaju ke tingkat nasional bersama 9 siswa lainnya se-Jawa Timur.

Kegiatan OSN sendiri diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

(Baca juga: pelajar-sma-nuris-jember-satu-satunya-delegasi-kabupaten-jember-yang-lolos-osp-ke-tingkat-nasional)

Kompetisi ini digelar sejak 28 Agustus  hingga 2 September 2023.  Jumlah peserta sebanyak 1.475 siswa pada jenjang pendidikan dasar (SD/MI) dan pendidikan menengah (SMP/MTs dan SMA/MA) di 38 provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di lima negara. SILN yang mengikuti OSN 2023 adalah SILN Myanmar, SILN Malaysia, SILN Singapura, SILN Belanda, dan SILN Saudi Arabia.

Cindy memang dikenal sebagai pelajar yang jenius dan tekun, keberhasilan Cindy menggapai prestasi gemilang ini tak lepas dari usaha yang dipersiapkannya sedari lama. Melalui pembinaan di kegiatan ekskul MSains, ia mengasah pengetahuan dan pembelajaran materi astronomi dengan intensif. Tak heran, sebelumnya berbagai prestasi lainnya juga pernah ia raih.

“Alhamdulillah luar biasa, tentu saja saya sangat senang dan bangga atas pencapaian ini. Semua ini berkat doa para guru, juga tentor saya dan kedua orangtua yang senantiasa mendukung, sekali lagi saya ucapkan terimakasih, pengalaman berharga ini sangat berkesan buat saya,” ungkapnya.

“Keberhasilan Cindy ini sangat Luar biasa, kami konsisten meloloskan siswa tembus ke tingkat nasional di ajang OSN ini. Dan Alhamdulillah kali ini bisa sampai meraih medali silver. Ini salah satu bukti bahwa santri juga bisa berprestasi di bidang sains. Dan hebatnya juga Cindy ini diketahui juga seorang hafizah yang mampu mengkahatamkan hafalannya 30 juz sejak tahun lalu.” Ungkap Gus Robith Qoshidi, selaku Pengasuh Pesantren Nuris Jember sekaligus Kepala SMA Nuris Jember menyatakan apresiasi terhadap prestasi anak didiknya. [Red.Dev]

Related Post