Suka Eksplorasi Kesempatan jadi Cuan meski Rutinitas Kuliah IAT di UIN Khas Jember

Bercita-Cita Bangun Pesantren dan Semangat Belajar hingga Doktoral

Pesantren Nuris – Meski dengan seabrek kesibukan rutinitas kuliah yang cukup padat di awal semester, santri ini tak ingin biarkan kesempatan waktu luang lewat begitu saja tanpa kegiatan produktivitas. Dengan cekatan, ia berani bereksplorasi meski barangkali agak keluar dari jalur fokus kuliahnya yang penting positif apalagi dapat menghasilkan cuan.

Ach. Fadil Rahmatullah, nama lengkap santri lulusan MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2022 tersebut. Setamat dari lembaga yang dipimpin oleh Ning Balqis Al Humairo tersebut, ia melanjutkan studi sarjana di UIN KH. Achmad Siddiq (Khas) Jember pada Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (IAT).

Meski tak selinier dengan jurusannya sejak di aliyah, bukan berarti minat kuliahnya tersebut ujuk-ujuk asal kuliah. Justru, karena kesukaannya belajar bahasa Arab, menghafal Al Qur’an sejak nyantri di Pesantren Nuris Jember, membuatnya bertekad ambil kuliah jurusan IAT tersebut.

“Pengen bisa mendalami Alquran dan bisa memahami isi Alquran dengan baik dan benar. Kalau Allah mnghendaki Insyaallah jadi Mufassir.” Tutur santri supel dan humble asal Dusun Krajan Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember tersebut.

(baca juga: Usai Tamat Sarjana di Malang, Kini Tengah Tuntaskan Pendidikan Pascasarjana di Yogyakarta)

Perjalanan studi yang ia rasakan terbilang lancar bahkan ia berharap dapat terus mengasah diri hingga nanti dapat kuliah ke jenjang doktoral. Tak hanya di situ, ia juga dikenal sebagai mahasiswa yang aktif hingga diamanahi sebagai ketua organisasi bakat minat bahasa Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN Khas Jember.

Selain itu, kesempatan waktu luang yang ia miliki dimanfaatkan untuk berjualan online berbagai produk seperti sarung dan gamis. Bagi santri inovatif ini, eksplorasi kesempatan harus benar-benar dimaksimalkan apalagi dapat menghasilkan cuan. Fadil, sapaan akrabnya, juga mulai membuat konten Youtube tentang belajar bahasa Arab.

“Harapan saya agar bisa untuk melanjutkan studinya sampai S-3 dan sampai jika Allah menghendaki saya, insyaallah mungkin akan buat pondok untuk bahasa.” tutupnya.[AF.Red]

Nama                    : Ach. Fadil Rahmatullah
Alamat                 : Dusun Krajan Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2022
Kuliah                   : UIN KHAS Jember, Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir

    

 

Related Post