Rahasia Di Balik Senyum

Penulis: M Irfan Maulana*

Pernahkah kau memiliki masalah yang sangat berat? Mungkin disebabkan oleh berbagai macam hal antara lain, tugas menumpuk, uang jajan habis bahkan jaman sekarang lagi marak patah hati. Dan jangan kita lampiaskan kekesalan kita kepada orang lain agar orang lain tidak merasakan apa yang tidak kita rasakan. Salah satu agar orang lain tidak tahu masalah kita adalah tersenyum. Tapi adakah manfaat dari tersenyum? Simak manfaat tersenyum berikut ini.

(Baca juga: Filosofi Air)

Senyum membuat seseorang lebih menarik. Artinya dengan kita tersenyum kita akan tampak lebih segar dan happy. Tersenyum akan lebih menyenangkan dari pada kita mengerinyitkan dahi.

Senyum bisa mengubah suasana hati. Bukanlah hal yang tak mungkin, tapi suasana hati kita dapat langsung berganti ketika kita tersenyum yang awalnya berat akana menjadi ringan.

Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh. ketika seseorang tersenyum fungsi kekebalan tubuh akan semakin meningkat. Karena saraf imun dalam tubuh menjadi meningkat dan membuat orang yang tersenyum akan merasa lebih rileks dan dapat mencegah penyakit flu juga pilek.

(Baca juga: Makna filosofi warna hitam)

Senyum menurunkan tekanan darah. Ketika kita memiliki tekanan yang darah yang melebihi biasanya maka cobalah ukur berapa tekanan darah kemudian  membaca dan tersenyumlah selama satu menit atau lebih, dan ketika selesai maka ukur kembali berapa jumlah tekanan darah setelah kamu melakukan kedua hal tersebut.

Senyum bisa membantu orang tetap positif. Ketika kita melihat orang-orang yang tersenyum kita akan merasa orang tersebut pasti lagi memiliki perasaan senang. Juga dengan kita tersenyum kita akan dipandang orang sebagai orang yang ramah.

Itulah beberapa manfaat tersenyum bagi diri sendiri dan orang lain. Maka janganlah bersedih ketika memiliki masalah yang  berat, tersenyumlah agar kau dapat meringakan masalahmu. 

Penulis merupakan siswa kelas XI PK MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post