Belajar dari Kaktus, si Kecil nan Berduri

Penulis: Deli Annisa Virca*

Kaktus merupakan salah satu tumbuhan yang sering dijadikan tanaman hias untuk mempercantik dekorasi ruagan, karena bentuknya yang unik, dan tidak mudah busuk dan mati. Meskipun tanaman ini dipenuhi dengan duri, tapi tidak menutup keindahan dan keistimewaan tanaman yang satu ini. Selain itu Kaktus mampu bertahan hidup di daerah yang panas dan kering. 

Taukah kamu? ada banyak pelajaran hidup yang dapat kita pelajari dari tanaman hias yang satu ini. Salah satunya yakni sikap kaktus yang kuat, serta bertahan dalam menjalani hidup. Meskipun kaktus terlihat kuat, tapi ia juga memiliki sisi lembut dimana ketika ada yang menyakitinya, ia akan mengeluarkan getah tanda ia bersedih. Wah menarik sekali bukan? Simak yuk beberapa filosofi kaktus di bawah ini!

(Baca juga: Makna filosofi warna hitam)

Pertama, kaktus tanaman yang penyabar. Kaktus disebut tanaman yang penyabar karena butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun bagi kaktus untuk memunculkan bunga yang indah dipandang. Nah kesabaran inilah yang harus kamu tiru, karena dalam mencapai suatu keberhasilan perlu kesabaran yang nantinya akan berbuah manis.  

Kedua, tanaman yang pandai menjaga diri sendiri. Kaktus menjaga dirinya dengan duri-duri tajam yang menempel pada tubuhnya. Duri-duri tersebut tersusun rapi dan siap dijadikan perlindungan diri dari ancaman yang datang. Dengan begitu, orang-orang tidak berani untuk melukainya.

Nah pelajaran yang bisa diambil, kita juga harus pandai menjaga diri dengan baik. Misalnya dengan belajar bela diri, apalagi untuk perempuan.

(Baca juga: Filosofi Payung)

Ketiga, meski berduri tetap istimewa. Kaktus merupakan salah satu tumbuhan yang tidak memiliki daun. Namun dibalik kekurangan tersebut, ia memiliki keistimewaan. Salah satu keistimewaannya adalah ia bisa menghasilkan makanan sendiri. Meski terlihat berbahaya, tetapi orang-orang senang menjadikannya sebagai tanaman hias.

Keistimewaan inilah yang harus kita teladani. Percayalah bahwa Allah Swt telah menganugrahkan keistimewaan pada diri kita, meski terkadang kita tak menyadari hal tersebut. nah buatlah diri kita istimewa ya sahabat.

Keempat, kaktus tanaman yang penuh percaya diri. Dengan kekurangan yang dimilikinya, tidak menyulutkan dirinya untuk terus hidup dan berada dalam pot-pot kecil sebagai tanaman hias. Ia percaya, di balik kekurangannya terselip keistimewaan yang membuat orang-orang senang melihatnya. Untuk itu, Kamu perlu meniru sifat kaktus ini. Bagaimanapun keadaannya, kamu harus tetap tampil percaya diri.

Kelima, kaktus tanaman yang tangguh. Kaktus hidup di daerah panas, hal tersebut membuatnya bisa menjadi tanaman yang tangguh dan kuat. Serta memiliki sifat kemandirian. Meski tidak diberi perhatian yang khusus, kaktus tetap terus bertahan demi keberlangsungan hidupnya.

Nah kita juga harus tangguh, dan jangan patah semangat jika tidak ada seseorang yang mendukungmu. Mandirilah, buktikan bahwa kamu adalah sosok tangguh dan pantang menyerah.

Keenam, kaktus tanaman yang mandiri dan tidak mudah baper. Satu lagi nih sahabat, kaktus merupakan tanaman yang mandiri, ia dapat tetap hidup meskipun kita jarang menyiraminya, karena dia bisa meghasilkan makanannya sendiri.

Malah sebaliknya jika kita menyiraminya setiap hari dan memberinya pupuk, itu malah akan menjadikannya cepat busuk. Oleh karenanya jadilah seperti kaktus, meskipun tidak ada yang perhatian kita tetap mampu untuk bertahan hidup dan tidak gampang baper ya sahabat.

Nah itu tadi beberapa pelajaran hidup yang dapat kita ambil, dari sosok kecil yang berduri tetapi istimewa. Semoga bermanfaat ya.

Sumber gambar: penjualanresmiaccurate.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post