It’s All About Study Overseas Percaya Diri !!! Pasti Kuliah Di Luar Negeri

Oleh : Marthania Rizki Amalia*

“Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia ….”

Semua orang pasti mempunyai impiannya masing-masing. Tak jarang ada yang menjadikan impian sebagai semangat, tujuan dan target mereka. Ketika kita membicarakan impian sebagai target maka sebisa mungkin impian tersebut harus terpenuhi. Tak cukup hanya dengan niatan saja untuk bias mewujudkan suatu impian, perlu adanya rasa keingintahuan, kerja keras dan doa yang merupakan sebuah proses dan jalan untuk mewujudkan suatu impian.

Setelah lulus dari suatu institusi, setiap individu pasti mempunyai targetnya masing-masing, ada sebagian yang hanya terima nasib atau pasrah menjadi pengangguran, ada pula yang langsung kerja dan ada yang berniat untuk meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam negeri ataupun di luar negeri. Kuliah luar negeri? Ya, bagi sebagian orang itu adalah hal yang tabu apalagi untuk orang-orang pedesaan yang notabennya merupakan masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke bawah. Banyak hal yang masih dipertimbangkan mengingat rata-rata biaya hidup di negeri orang lebih tinggi dari Indonesia. Sementara itu, biaya perkuliahan yang selangit membuat sebagian orang berfikir dua kali untuk kuliah di luar negeri. Selain itu, masalah administrasi juga menjadi penyebab terhentinya niat seseorang untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.

Tidak perlu takut, untuk hasil yang baik kita juga harus menanamkan pola berfikir positif untuk otak kita. Setiap permasalahan itu pasti ada jalan keluar. Ingat! Ada 1001 jalan menuju Roma!.

Kuliah di luar negeri bisa di jangkau oleh siapapun. Mahasiswa yang kini duduk di Universitas bergengsi di dunia tak ayal dulunya merupakan siswa yang biasa-biasa saja. Mereka juga pernah memiliki rasa malas, pernah ingin menyerah, di landa kebingungan, atau mungkin lebih parah dari kondisi kita saat ini. Namun, yang membedakan mereka dengan kita, mereka tidak berlarut-larut dalam tersebut.

Jika kita rajin mencari informasi, akan ada banyak sekali peluang kuliah di luar negeri yang bisa kita dapatkan dengan atau tanpa beasiswa. Peluang yang sesuai dengan kriteria, bakat dan minat kita. Apalagi dengan ditunjang oleh kemajuan teknologi pada era globalisasi saat ini, kita sudah bisa terhubung dengan informasi A-Z dan pengetahuan tanpa batas hanya dengan menggunakan internet. Jadi, mudahkan ..? Asalkan kita senantiasa berusaha dan berdoa, pasti kita bisa mendapatkannya. Tuhan tau apa yang terbaik untuk kita.

Why we should study overseas?

Banyak sekali pandangan orang mengenai alas an kuliah di luar negeri. Ada yang ingin mencari suasana dan tantangan baru, ada yang menganggap kualitas pendidikan di luar negeri lebih tinggi dari Indonesia, ada pula yang hanya sekedar gengsi semata.

Berikut merupakan alasan yang paling sering dikemukakan oleh mahasiswa yang kuliah di luar negeri:

  1. Kuliah di luar negeri akan memberimu pengalaman dan prespektif baru dalam memandang kehidupan. Pengalaman hidup di negeri orang akan membuat kita lebih dewasa, lebih bijaksana, percaya diri, mengenal diri kita sendiri, dan lebih cerdas memandang kehidupan . rasa kangen rumah, rasa menjadi minoritas, tinggal di lingkungan berbeda, hal inilah yang akan menjadi “senjata” yang ampuh untuk menjalani hidup.
  2. Kualitas pendidikan yang lebih baik. Mulai dari pendidikan kelas internasional, laboratorium super canggih, kurikulum kelas dunia dan pengajar-pengajar dengan kualitas luar biasa.
  3. Prospek kerja yang lebih cerah. Biasanya perusahaan atau institusi besar akan lebih tertarik kepada lulusan luar negeri disbanding dalam negeri. Karena mereka dikenal lebih cerdas di bidang akademik, lebih dewasa dan lebih tangguh karena dapat bertahan hidup di negeri orang.
  4. Lebih keren meskipun alasan ini kedengaran lucu, tapi lulusan luar negeri akan dipandang tinggi di mata masyarakat Indonesia.
  5. Super fun. Ya, karena kamu akan merasakan kehidupan dengan suasana baru. Kamu bisa belajar banyak hal baru, mengunjungi tempat-tempat baru dan menguasai keterampilan baru. Asyik kan..?

Apapun alasan orang, tapi belajar di luar negeri itu banyak sekali manfaatnya. Baik kuliah, exchange, ataupun hanya sekedar jalan-jalan ke luar negeri. Tanpa berpergian ke luar negeri seringkali mind set seseorang hanya tertuju pada hal biasa. Terkadang mereka juga merasa bosan karena hanya terkurung dalam suatu kondisi yang monoton, cepat atau lambat mereka akan menemukan titik jenuhnya.

Namun sebaliknya jika seseorang sudah pernah belajar di luar negeri banyak sekali hal yang mereka dapatkan. Mereka merasa belajar di luar negeri bisa membuka sejuta kesempatan untuk maju. Mind set mereka akan terbentuk untuk berfikir suatu hal yang tak pernah dibayangkan. Mulai dari pengetahuan, teknologi, kemandirian, keanekaragaman budaya, keindahan alam dan masih banyak sekali yang mereka dapatkan. So, jangan pernah takut untuk GO INTERNASIONAL!.

*siswi kelas XII IPA SMA Nuris Jember (2016/2017)

Related Post