Doa Pada Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar  adalah suatu malam yang khusus terjadi di bulan Ramadan. Malam ini jatuh pada 10 malam terakhir pada bulan Ramadan, tepatnya pada malam ganjil yakni malam ke-21, 23, 25, 27 atau ke-29.

( Baca juga : Doa Kemudahan Rasulullah SAW )

10 akhir Ramadhan adalah malam-malam yang penuh dengan keberkatan dan kelebihan yang tertentu. Malam-malam ini adalah malam yang ditunggu-tunggu oleh seluruh orang mukmin. Bulan Ramadhan, Al Quran dan malam Lailatulqadar mempunyai hubungan yang rapat antara satu sama lain.

Pada malam yang mulia ini, malam yang lebih baik dari seribu bulan, kita sebagai umat islam dianjurkan seperti shodaqoh, qiyamullail, membaca Al-Qur’an, berdzikir, berdoa dan memperbanyak bentuk ibadah-ibadah lain. Doa pada malam lailatul qodar adalah sebagai berikut:

Diriwayatkan bahwa ‘Aisyah ra berkata, “ Wahai Rasulullah, apa yang sebaiknya aku baca bila bertepatan dengan malam Lailatul Qadar?” Rasulullah bersabda: “ Bacalah:

                                                                                                                                                                اللَّهُمَّ إنَّك عَفُوٌّ تُحِبُّ العَفْوَ فَا عْفُ عَنِّيْ

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi ampunan dan menyukai orang yang memohon ampunan, maka ampunilah aku.” (HR. Tirmidzi 3760, Ibnu Majah 3850, Ahmad VI/171, Al- Hikam I / 530 dan An- Nasa’i dalam Amalul Yaum wal Lailah). (Red/Shilut)

Related Post