Spektakuler, Tim MSQ Pesantren Nuris Jember Juara 1 Nasional di UNAIR Surabaya

Pesantren Nuris – Jika tahun lalu Tim MSQ Pesantren Nuris Jember mampu raih juara 1 tingkat Jawa-Bali di Jombang, kini tembus sebagai juara 1 tingkat nasional di UNAIR (Universitas Airlangga), Surabaya. Mereka sisihkan 42 peserta dari berbagai daerah nusantara di ajang bernama ISEF (Islamic Science and Technology Fair) 2017 tersebut (11/10/2017).

Sebelum Tim MSQ (Musabaqoh Syarhil Quran) Pesantren Nuris Jember tampil di babak final hingga juara nasional, Azizatun Nurul Afifah dkk. Mengikuti seleksi administrasi dan performance syarhil melalui rekaman video. Administrasinya berupa piagam pengalaman kesertaan MSQ Pesantren Nuris Jember di berbagai ajang bahkan pengalaman juaranya.

(baca juga: Ahmad Fauzan, Juara 2 Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Nasional di Jakarta)

“Berkat pengalaman kami di berbagai ajang dan pernah juara tahun lalu, hingga akhirnya kami layak masuk semifinal dan terpilih menjadi 20 peserta terbaik dari 42 video yang terkirim ke panitia.” Ungkap Azizah, spesialis tilawati, siswa kelas XII PK B MA Unggulan Nuris.

“Bersama Silvia Arin bagian Pensyarah (siswi kelas XII IPA 1 SMA Nuris Jember) dan Siti Masruroh bagian Penerjemah (siswi kelas XI PK B MA Unggulan Nuris), kami berlatih keras dengan menghafal 3 teks sekaligus dalam waktu 10 hari. Alhamdulillah berkat dukungan Ustadah Qori, selaku Pembina, kami bisa tampil maksimal.”

Lalu, mereka mampu menembus babak semifinal (melalui  hasil seleksi rekaman video berdurasi 15 menit) dalam 20 peserta terbaik dan diundang tampil langsung di kampus Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR pada hari Sabtu, 11 November 2017. Tepatnya, di Masjid Ulul Azmi Kampus C UNAIR. Setelah tampil, di hari yang sama dewan juri memutuskan bahwa Tim MSQ Pesantren Nuris Jember masuk ke babak final menjadi 5 peserta terbaik.

(baca juga: Azizah, Qoriah Sejuta Prestasi, Juara Nasional di Universitas Brawijaya Malang)

Pada puncak acara penganugerahan juara lomba, hari Ahad, 12 November 2017, Tim MSQ Pesantren Nuris Jember dinyatakan sebagai juara 1 Tingkat Nasional. Sedangkan juara lainnya yakni, SMAN Suko Mojokerto (juara 2), MAN 3 Nganjuk (juara 3), MAN 3 Nganjuk (harapan 1), dan MAN 2 Kediri (harapan 2).

“Betapa bangganya kami atas raihan prestasi ini. Pertama kali kami ikuti lomba di UNAIR, Alhamdulillah sukses. Terima kasih atas doa orang tua, guru kami, khususnya Nuris yang telah mendukung bakat dan minat kami. Semoga prestasi ini dapat dilanjutkan oleh adik-adik kami lainnya.” Tambah Azizah.

Berkat prestasi spektakuler ini, Azizatun Nurul Afifah, Silvia Arin, dan Siti Masruroh berhak mendapat piala, sertifikat juara 1, dan uang pembinaan sebesar Rp3.000.000,– dari JIMI (Jamaah Intelektual Mahasiswa Muslim), selaku inisiator dan penyelenggara lomba tersebut.[AF.Red]

Related Post