Keunikan Bulan April

Setiap hal di dunia ini pasti memiliki keunikan tertentu. Keunikan tersebut menjadi ciri khas yang membedakannya dengan yang lain. Sama halnya dengan bulan April. Selama ini mungkin kita hanya mengenal bulan April adalah bulan keempat dalam kalender masehi dan di bulan tersebut diperingati hari Kartini setiap tanggal 21 April. Sepertinya bulan April akan terasa biasa saja apabila kita diberi pertanyaan tentang bulan April, maka kita hanya menjawab bulan keempat.

Ternyata bulan April memiliki keunikan tertentu yang membedakannya dengan bulan-bulan lainnya. Pertama, hari pertama di bulan April sama dengan hari pertama di bulan Juli setiap tahunnya. Kedua, pada tahun Kabisat, hari pertama di bulan April selalu sama dengan hari pertama di bulan Januari. Ketiga, hari terakhir di bulan April selalu sama dengan hari terakhir di bulan Desember setiap tahunnya. Keempat, bulan April terkait dengan musim semi di belahan bumi utara dan musim gugur di belahan bumi selatan. Kelima, di negara-negara barat, tanggal 1 April dikenal sebagai “Hari Penipuan”, atau yang lebih popular dengan sebutan April Mop, di mana pada hari itu setiap orang boleh menipu orang lain sebagai lelucon.

Dalam Islam perayaan April Mop merupakan hal yang tidak dianjurkan Dari segi filosofinya April Mop merupakan budaya kufur, dimana kaum muslimin haram mengikuti budaya tersebut. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang artinya “Siapa saja yang menyerupai suatu kaum, maka ia tergolong bagian dari kaum tersebut. (HR. Ahmad, Abu Daud, dan Thabariy).

(baca juga: Late Heavy Bombardmert (Bencana Alam Bulan)

Selain itu, seseorang yang lahir di bulan April juga memiliki beberapa keunikan tertentu. Mereka yang lahir di bulan April tidak suka melakukan sesuatu dengan setengah hati. Sebab, dia punya passion atau gairah yang besar dalam melakukan pekerjaannya. Selain itu, mereka juga merupakan orang yang lahir pada bulan April bisa menjadi sangat keras kepala, ketika dia memutuskan untuk berkomitmen pada sesuatu. Dia tidak akan pernah mundur sampai keinginannya tercapai. Itu membuatnya berani menghadapi segala rintangan yang menghalanginya. Alih-alih menghindari bahaya, dia lebih memilih untuk menghadapinya.

(baca juga: Sejarah Adanya Tasbih, sebagai Alat Bantu Berdzikir)

Mereka yang lahir di bulan April juga cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar dan memiliki energik yang tinggi. Mereka juga merupakan seorang entrepreneur yang andal dan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik karena dapat menyelesaikan masalah dengan baik . Penjelasan tersebut merupakan beberapa keunikan bulan April. Namun, penjelasan tersebut merupakan sebagian keunikan di bulan April yang perlu diketahui oleh pembaca. Tetapi akan lebih unik lagi bulan-bulan dalam tahun Hijriah yang akan kami tulis berikutnya.

Penulis Rofiatul Ananda. Penulis merupakan siswa SMA Nuris Jember kelas X IPA A yang juga merupakan anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net.

Related Post