Ayo Tadarus Alquran, Pahala Berlipat Ganda

Penulis: Siti Intania

Ramadhan merupakan bulan yang dirindukan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia.  Selain itu, bulan Ramadhan merupakan bulan yang sarat dengan kebajikan dan pahala yang melimpah. Salah satu, kebajikan di bulan Ramadhan adalah tadarus Alquran.  Tadarus Alquran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah Swt yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadhan (QS. Al-Baqarah). Melalui tadarus dapat ditunjukkan kompas menuju ke arah Kebenaran oleh Allah Swt.

Tadarus dapat dilakukan menjelang buka puasa maupun seusai shalat Tarawih atau di waktu-waktu tertentu. Keutamaan shalat Tarawih di antaranya di bulan ini Allah memberikan ganjaran lebih sebagai motivasi umat islam, tentu saja dengan harapan bahwa kita tidak akan meninggalkan kebiasaan tersebut ketika telah selesai bulan Ramadhan. Untuk itu, yang terpenting bukan hanya pada saat Ramadhan membacanya secara rutin, melainkan bagaimana konsistensi dan menjadi kebiasaan yang baik seusai Ramadhan.

(baca juga: Takjil di Bulan Ramadhan)

Tadarus memiliki beberapa keutamaan di antaranya mendapatkan pahala berkali lipat. Di bulan Ramadhan Allah memberikan ganjaran lebih sebagai motivasi umat islam, tentu saja dengan harapan bahwa kita tidak akan meninggalkan kebiasaan tersebut ketika telah selesai bulan Ramadhan. Untuk itu, yang terpenting bukan hanya pada saat Ramadhan membacanya secara rutin, melainkan bagaimana konsistensi dan menjadi kebiasaan yang baik seusai Ramadhan.

Selain itu, dengan tadarus juga dapat menjauhi godaan setan. Ketika membaca Alquran, maka kita akan terfokus pada apa yang kita baca. Untuk itu, kebiasaan membaca Alquran tidak disenangi syetan karena dengan hal itu ia sulit untuk menggoda dan membisikkan hal-hal buruk pada manusia. Membaca Alquran juga menjauhkan kita untuk berbuat maksiat sebagaimana disukai oleh setan.

(baca juga: Ngabuburit ketika Ramadhan)

Berikutnya, tadarus Alquran dapat menjadikan waktu lebih produktif. Membaca Alquran membuat kita juga lebih produktif. Produktif dalam hal ini tentu sangat baik di bulan Ramadhan. Walaupun fisik kita diuji dan dicoba dengan tidak makan dan minum, tentunya kelelahan dan bosan akan datang. Tetapi, waktu ini akan lebih produktif jika kita gunakan dengan hal-hal bermanfaat termasuk membaca Alquran. Tadarus Alquran juga dapat mendorong seseorang untuk selalu berfikir positif. Jadi sebisa mungkin bacalah Alquran terutama selama bulan Ramadhan.

Penulis merupakan siswa kelas XB SMA Nuris Jember yang juga anggota aktif ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

 

 

 

Related Post