Keistimewaan Hari Jumat

Penulis: Riska Maratus

Hari jumat merupakan hari besar bagi seluruh umat muslim, karena di hari itu seluruh amal ibadah yang dilakukan akan dilipatkangandakan pahalanya. Begitu juga sebaliknya, jika kita melakukan perbuatan maksiat maka Allah Swt akan melipatgandakan pula. Hari Jumat juga disebut dengan Sayyidul Ayyam atau hari yang paling utama dalam satu minggu. Banyak sekali perbuatan amal baik yang bisa dilakukan pada hari Jumat, di antaranya shalat sunnah.

(baca juga: Islam Memandang Wanita)

Imam Ghazali dalam kitab ihya’nya berkata, “Pada malam jumat, di antaranya pada waktu maghrib dan Isya’  disunnahkan melaksanakan shalat sunnah 12 rakaat. Maka seseorang yang melakukan shalat sunnah 12 rakaat. Maka seseorang yang melakukan shalat sunnah tersebut akan memperoleh pahala seperti beribadah kepada Allah Swt selama 12 tahun”. Kedua yaitu membaca Alquran terutama surat Al-Khafi, Abu Hurairah meriwayatkan “Barang siapa pada malam Jumat atau hari Jumat, maka dosanya akan diampuni sampai Jumat depan lebih tiga hari, akan dimintakan Rahmat oleh 70.000 malaikat sebelum masuk waktu subuh, akan diselamatkan dari berbagai penyakit dan akan terhindar dari fitnah dajjal.

(baca juga: Keistimewaan Keturunan yang Shaleh)

Ketiga yaitu membaca shalawat, amaliah ini sangat mudah namun pahalanya sangat besar. Diriwayatkan dari Imam Baihaqi, “Barang siapa membaca shalawat satu kali, maka Allah Swt akan memberi rahmat padanya sepuluh kali. Keempat yaitu memperbanyak berdoa dan istighfar. Salah satu keistimewaan hari Jumat adalah adanya saa’atul ijabah atau sebuah waktu dimana doa dan permintaan kepada Allah yang bertepatan dengan waktu tersebut akan dikabulkan.

Penulis merupakan siswa kelas XI PK A MA Unggulan Nuris. Penulis juga anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

Related Post