Tips Hapus Memori Tentang Kejadian Buruk

Penulis: Muhammad Qorib Hamdani*

Semua orang pasti memilki history yang selalu terngiang dalam pikirannya baik kejadian yang berupa kebahagiaan ataupun buruk sekalipun. Kejadian yang buruk yang pernah kita alami pasti bagi kita untuk menghilangkannnya sangat susah. Namun, bagaimana cara menghilangkan dan melupakan kejadian yang negatif tersebut? Yuk selengkapya di bawah ini!

(Baca juga: Tips Ampuh Pandai Menulis Puisi)

Pertama, cari tahu pemicu. Kejadian yang negatif tak selalu ada di kepala kita, namun yang menyebabkan kejadian tersebut muncul karena adda pemicunya seperti gambar, suara, atau aroma. Contohnya seperti orang yang pernah mengalami tabrakan dan terpelanting ke aspal yang panas. Orang itu akan mengingat kejadian tersebut ketika singgah di tempat kejadian. Singgah ke tempat tersebut itulah yang menjadi pemicu orang pelaku mengingat tabrakan yang pernah dialaminya. Mengetahui pemicu adalah cara dasar untuk membantu seseorang menghilangkan sesuatu yang buruk dari ingatan kita.

Kedua, konsultasi ke psikolog. Jika kejadian itu masih tetap ada dan membuatmu trauma, maka cara yang tepat adalah berkonsultasi ke psikolog. Setelah trauma terjadi, psikolog akan menunggu beberapa minggu untuk melupakan sesuatu yang membuat trauma. setelah itu anda akan diminta untuk menceritakan kembali kejadian yang membuat anda trauma sekali atau dua kali seminggu. Hal ini bertujuan untuk memaksa otak merekontruksi kejadian dan mengurangi trauma emosional. Memang kejadian tersebut tidak aka dihapus, setidaknya akan mengurangi trauma pada kejadian tersebut.

(Baca juga: Tips Pintar Memaknai Kitab Kuning)

Ketiga, melakukan memory suppersion. Sebenarnya hal ini sama dengan memikirkan sesuatu yang lain untuk mengggeserkan hal yang akan dihilangkan. Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan fungsi otak dalam tingkat tinggi, seperti penalaran dan berpikir secara rasional bisa mengganggu kerja otak dalam mengingat suatu memori.

Empat, exposure therapy. Metode ini adalah cara yang mungkin perlu mental dan kejiwaan yang kuat. Caranya adalah dengan latihan menghadapi trauma tersebut. Terapi ini mungkin akan memberikan pasien sesuatu atau membawa pasien ke tempat kejadian.

Kelima, minum obat propanolol. Salah satu cara yang bisa meghilangkan dengan cepat kejadian yang tak mau kita ingat adalah denga meminum obat propanolol. Kegunaan obat ini adalah untuk mengurangi respons tubuh terhadap kecemasan, seperti berkeringat, jantung berdebar, tangan bergetar. Itulah beberapa cara kita untuk menghilangkan memori yang berkategori negatif, agar lebih cepat dan tidak akan kembali trauma lagi dengan yang namanya kejadian yang buruk.

Penulis merupakan siswa kelas XI PK 1 MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post