Manfaat Daun Sirih yang Jarang Diketahui

Penulis: Siti Hamidah*

Assalamuaialaikum sahabat santri, bagaimana kabar kalian semua? Pastinya pada sehat semua kan?. Apakah kalian tahu apa itu daun sirih? Pasti tahu dong. Selagi kalian tahu, mari kita simak apa saja sih manfaat daun sirih yang jarang diketahui.

Pertama, mampu memulihkan tekanan tinggi. Daun sirih mengandung flavonoid yang berperan sebagai penurun tekanan darah pada tubuh, ini mengutip dai jurnal ilmu keperawatan komunitas volume 1 no 1, Hal 34-42 Mei 2018.

(Baca juga: ini dia 5 manfaat memelihara kaktus)

Kedua, bisa menjadi obat batuk. Apakah anda sekarang sedang batuk? Atau sering batuk? Daun sirih yang memiliki banyak sekali khasiatnya bisa membantu anda mencari solusianya. Daun sirih mengandung senyawa aktif yang mampu menghentikan batuk.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, yaitu dengan cara berkumur-kumur. Anda bisa merebus daun sampai mendidih. Saat air rebusan sudah hangat anda bisa gunakan untuk berkumur

Ketiga, bersifat anti kanker. Daun sirih mengandung sejumlah  phytochemical ( bahan kimia tanaman yang meningkatkan kesehatan), juga memiliki manfaat menyembuhkan kanker.

(Baca juga: manfaat daun kemangi)

Daun sirih memiliki antioksida lebih dan sangat baik. Antioksida yang terkandung mampu menetralkan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kangker.

Sumber gambar: tribunnewsmaker.com

 Penulis merupakan siswa kelas: X IPS 3 SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post