Termotivasi Berkhidmat di PP Al Munawwir Krapyak hingga Raih Titel Sarjana Ilmu Hadis di UIN Suka Yogyakarta

Ungkap Kajian Ma’anil Hadis pada Fenomena Mencium Tangan Guru, Sukses Sidang Skripsi di Kala Pandemi

Pesantren Nuris – Selamat untuk alumni Nuris yang satu ini atas kesuksesannya menuntaskan sidang skripsi sarjananya di salah satu kampus negeri favorit di kota gudeg yakni, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta. Meski pandemi covid-19 belum usai, kejar titel sarjana jangan sampai kendor seperti alumni Nuris ini. Yuk kepoin terus profilnya gaes!!!

Lulusan MA Unggulan Nuris, jurusan Program Keagamaan (PK), tahun 2017 ini bernama M. Dani Rahman. Seusai menamatkan studi menengah atas di madrasah yang dipimpin oleh Ning Balqis Al Humairo tersebut, dia memilih melanjutkan studi sarjana di kota impiannya yakni, Yogyakarta.

“Kota Yogyakarta memang kota impian saya untuk menempuh pendidikan tinggi. Saya terkesan dengan kultur dan sekaligus saya ingin belajar serta mengabdi di Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak. Sebagai santri tentu keinginan istiqomah mengaji harus selalu ditanamkan.” Tutur Dani, sapaan akrabnya di Pesantren Nuris Jember.

(baca juga: Suka Cita Alumni Nuris Kuliah di Mesir, Tekuni Sastra Arab hingga Jauh ke Universitas Al Azhar)

Di kampus UIN Suka Yogyakarta tersebut, lelaki kelahiran Banyuwangi, 01 Juli 1999 tanpa ragu ambil jurusan ilmu hadis. Keingintahuannya terhadap pemahaman hadis dengan berbagai metode yang kompleks sekaligus meneruskan rasa penasarannya tentang hadis sejak di MA Unggulan Nuris, membuat Dani mantap mendalami ilmu hadis.

“Hadis itu kan banyak macamnya, perlu kehati-hatian untuk memahami dan menyampaikan atau mengamalkannya. Ini sangat menarik, apalagi fenomena kekinian yang terkadang terjebak dalam pemahaman hadis yang mentah dan terkadang sembrono.” Imbuh pemuda asal Dusun Sumberjeruk, Desa Tamanagung, Cluring, Banyuwangi.

Bagi Dani, ilmu tidak hanya didapat dari ruang kelas saja. Dia juga berupaya memperkaya pengalaman dan wawasannya dengan turut aktif ikut kajian informal yang biasanya diselenggrakan di angkringan atau warung kopi. Melalui kegiatan tersebut, Dani dapat meningkatkan pemahaman dan melatih keterbukaan pemikiran.

(baca juga: Wabah Virus Corona menurut Alumni Nuris yang Kuliah di Guangzhou China)

Pemuda yang tertarik pada fotografi dan traveling ini menjalani studi sarjana nyaris tanpa kendala. Tak heran, tepat pada tanggal 28 April 2021 lalu, dia menuntaskan skrispi berjudul “Mencium Tangan Guru dalam Kajian Ma’anil Hadis” dan mempertanggungjawabkannya di hadapan dosen penguji.

“Alhamdulillah lega usai sidang ini meski via aplikasi zoom tidak secara langsung kayak biasanya karena pandemi. Rencana ke depan jika ada kesempatan ingin lanjut pendidikan magister. Mohon doanya semoga dimudahkan.” Tukas lelaki yang konon mencapai IPK 3,60 ini.[AF.Red]

Nama                    : M. Dani Rahman

Lembaga              : MA Unggulan Nuris, jurusan PK, tahun 2017

Kuliah                   : UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, jurusan Ilmu Hadis

Related Post