Ini Dia Tips Jadi Fotografer Handal dengan Kamera HP

Penulis: Regina Qotrun Nada*

Assalamualaikum para sobat santri? bagaimana kabarnya? pasti baik baik saja kan? Nah libur telah tiba nih, pasti kalian sudah merencanakan liburan ke tempat-tempat instagramable kan? Nah apakah kalian suka fotografi? dan ingin mendapatkan hasil foto yang keren, tetapi kalian tidak mempunyai kamera DSRL yang kekinian? itu bukan masalah, tak perlu minder. Kalian masih bisa mendapatkan foto yang keren seperti hasil fotografer profesional hanya dengan mengunakan kamera seadanya kok.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberi tips cara menghasilkan foto yang keren tanpa menggunakan kamera DSRL seperti hasilnya fotografer yang sudah profesional. Yuk simak uraian tips berikut.

(Baca juga: manfaat terapi dengan air dingin)

Tahap awal, jika ingin memotret suatu benda atau orang, gunakan Mode Aperture Priority yang Biasanya Lambangnya A. Gunakan bukaan lebar atau nilai aperture angka kecil agar tetap fokus pada benda/orang yang difoto dan background jadi blur.

Kedua, jika memotret Landscape, potretlah golden moment atau blue hour, kalian harus mengetahui bahwa Golden Moment utu sendiri mempunyai dua macam, yaitu yang pertama saat sore menjelang malam dan pagi hari. Tunggulah hingga sinar matahari dan cahaya dari bangunan setara, kemudian ambillah potretat objek yang kalian ambil fotonya. Ingat, moment ini hanya beberapa menit saja, jadi jangan sampai terlewat.

Ketiga, gunakan aplikasi Smartphone agar lebih keren.kenapa harus berat berat menenteng kamera DSLR, cukup mengunakan aplikasi smartphone dijamin hasil foto kalian mendapatkan hasil yang sangat keren.

Keempat, gunakanlah burst mode untuk motret dengan gerakan cepat, dengan cara gunakan shutter speed kecepatan rana  1/500 atau lebih,untuk mendapatkan kecepatan rana yang tinggi, kita perlu mengatur seringan aperature selebar mungkin,jika memiliki lensa dengan diafragma f/2.8 atau f/4 maka bisa mengatur shutter speed dengan kecepatan tinggi dengan mudah. 

(Baca juga: manfaat kurma bagi kesehatan)

Terakhir, ambil foto bayangan atau siluet, jika ingin memotret dengan cara siuet itu mudah sekali.hanya mengambil gambar benda yang ada di depan sumber cahaya.kemudian arahkan kamera ke bagian yang terang tapi jangan ke sumber cahaya.tekan setengah tombol jepretmu untuk melihat ekposurnya.

Demikianlah 5 Tips menghasil foto yang keren ini, semoga berguna bagi kalian yang sedang menyukai dunia fotografi. Selamat liburan dan salam jepret.

Sumber gambar: Jakmall.com

Penulis merupakan siswa kelas XI PK MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post