Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Penulis: Juwita Indah*

Kurma merupakan buah yang telah dibudidayakan selama ribuan tahun lamanya terutama pada bulan suci ramadhan.kurma juga kaya nutrisi karbohidrat 75 gram,protein 2 gram,serat 7 gram ,dan kalori 277.keistimewaan kurma telah tercantum dalam al-qur’an surah maryam ayat 25,”goyangkan pangkal pohon kuma itu ke rahmu,niscya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu”.

(Baca juga: mahalnya biaya pendidikan dan tips menyiasatinya)

Kurma juga mengandung dua  sepertiga unsur gula alami yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.manfaat kurma bagi kesehatan tubuh, Rasulullah bersabda”brang siapa yang sarapan pagi dengan tujuh kurma ajwa, pada hari tersebut orang itu tidak akan terkenam racun dan juga sihir.”(HR Abu Dawud). Manfaat lainnya kurma ajwa yaitu:

Pertama melancarkan saluran pencernaan,kurma  bisa digunakan masalh sembelit akibat kurang makan sayur atau kursang olahraga.selain itu,mengonsumsi serat ini yang dapat menahan rasa lapar.

Kedua menstabilakan tekanan darah,kurma  bisa juga dikonsumsi untuk kesahtan ginjal dan menurunkan tekanan darah.khasiat kurma didapoatkan dari kandungna serat dan minerala seperti zat besi dan pottasium.

Ketiga meningkatkan daya tahan tubuh,kurma ajwa memiliki vitamin A,B,C,E hingga K.setiap vitamin kurma mempunyai khasiat untuk kesehatan,terutama menjaga sistem imun tubuh.

(Baca juga: manfaat terapi dengan air dingin)

Keempat meningkatkan fertilitas,kurma ajwa memiliki kandungan bebgai nutrisi dan mineral yang terbukti amppuh meningkatkan hormon libido dan membantu mempercepat pembuahan dalam rahim wanita.

Kelima membantu ibu hamil dan menyusui,kurma mengandung zat oksitosin yang bermanfaat dalam proses persalinan.zata ini mengakrifkan dinding otot rahim menjelang kehamilan,membantu kontraksi rahim saat persalinan,serta mengurangi pendarahan pasca kelahiran.juga kurma berdampak positif bagi ibu menyusui dengan bekerja merangsang prosuksi ASI.

Sumber gambar: merdeka.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPS SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post