Selamat dan Sukses! Lulus S-3 di National Chiayi University Taiwan, Alumni Nuris Siap Mengabdi

Lulus S-1, S-2 dan S-3 Bareng Suami Tercinta, Alumni Ini Gapai Mimpi Bersama

Pesantren Nuris- Siapa yang tidak kenal dengan alumni Nuris yang satu ini, selain aktif di berbagai organisasi semasa sekolah, ia juga mantan ketua OSIS SMA Nuris Jember masa bakti 2009-2010. Ia adalah Nur Izzatul Maulidah, wanita cantik asal Ledokombo Jember ini, melanjutkan kuliahnya di Universitas Brawijaya Malang di jurusan Agroekoteknologi dengan beasiswa penuh setelah lulus dari SMA Nuris Jember.

Setelah itu lanjut mengambil studi S-2 Bioagriculture Science, Agriculture, National Chiayi University Taiwan, pun dengan beasiswa. Dan pada 24 Agustus 2018 lalu ia menikah dengan kekasihnya, Andi Kurniawan, tepat sebulan setelah ia menyelesaikan pendidikan S-2-nya.

(Baca juga: sempat tertunda karena ppkm, alumni nuris ini akhirnya resmi naik pelaminan)

Lalu ia dan suami melanjutkan studi S-3 di jurusan yang sama. Pada 2 September 2021 lalu, wanita yang akrab dipanggil Uli ini resmi menyandang gelar Ph.D.

Untuk disertasinya Uli mengambil penelitian tentang pengaruh bakteri Bacillus licheniformis terhadap respon pertumbuhan dan peningkatan toleransi stress terhadap beberapa jenis tanaman, seperti Arabidopsis, anggrek, pisang, timun dan lettuce.

Ia mengaku memiliki kendala dalam penelitian yang ia lakukan selama 3 tahun ini. “Kendala utama adalah waktu dan cuaca, karena terkadang kita masalah cuaca mempengaruhi pertumbuhan tanaman,” ungkapnya.

Ia memberi judul disertasinya “Application of multi-trait beneficial bacteria as an enhancer for growth and stress tolerance,” alasanya mengambil judul tersebut karena bakteri yang menguntungkan (PGPR) sangat penting perannya dalam meningkatkan hasil panen dan mengurangi stress tanaman.

Ia mengaku sangat bahagia dan bersyukur dapat menyelesaikan S-3-nya dengan cepat dan bisa lulus bersama suami tercinta.

(Baca juga: selamat dan sukses alumni ma unggulan nuris dilantik jadi ketua rayon)

“Alhamdulillah saya merasa sangat berbahagia, dan bersyukur kepada Allah dengan rahmat dariNya yang tak terhingga. Bisa lulus S-1, S-2, dan S-3 bareng suami itu rasanya wah bahagianya sulit tergambar dengan kata-kata, yang jelas kami sangat bersyukur dan berbahagia akhirnya perjuangan dan kerja keras kami selama ini terbayarkan,” ungkapnya.

Ketika ditanya apa rencana setelah lulus, ia mengku ingin pulang ke Indonesia dan mengabdikan diri pada negaranya.

“Rencana kami menyelesaikan segala urusan di Taiwan dan kembali mengabdi di Indonesia. Untuk kongkritnya sedang kami diskusikan, namun keinginan untuk mengabdi di Indonesia sangat kami impikan,” ujarnya bersemangat.

Ia juga berpesan kepada para santri Nuris supaya tidak pernah takut untuk bermimpi setinggi-tingginya. “Siapapun kita bermimpilah yang tinggi, karena tanpa mimpi mimpi sesungguhnya kita sedang mengernyitkan harapan dan masa depan,” ujarnya.

Selamat atas kelulusannya, semoga ilmunya manfaat, selalu dapat menginspirasi banyak orang dan dapat mengabdikan diri di Indonesia tercinta.

Nama : Nur Izzatul Maulidah, Ph.D
Tempat, tanggal lahir: Jember 22 Juli 1994
Lembaga: SMA Nuris Jember 2011

Pendidikan: S-1/Agroekoteknologi/Fakultas pertanian/ Universitas Brawijaya Malang, S-2/Bioagriculture Science/Agriculture/National Chiayi University, Taiwan. S-3/Bioagriculture Science/Agriculture/National Chiayi University, Taiwan.

Related Post