Manfaatkan Batang Tembakau untuk Indonesia Mandiri Energi, Siswa SMA Nuris Jember Menangkan Physics Carnaval 2018 Se-Jatim

Pesantren Nuris– Pengembangan sains di lingkungan yayasan Nurul Islam Jember semakin menunjukkan keberhasilan. Pasalnya hampir seluruh siswa yang terjaring dalam M-Sains Nuris berhasil menjuarai beberapa kompetisi di bidang sains. Mulai dari olimpiade sains, inovasi produk, hingga karya ilmiah remaja.

Usai sabet juara dalam berbagai kejuaraan karya ilmiah remaja, tim karya ilmiah remaja SMA Nuris Jember kembali berhasil meraih kemenangan dalam ajang kompetisi karya ilmiah remaja. Kali ini, Sukmal Insan Rahmatullah, Lailatul Muafida, dan Ivadatul Amaliya berhasil dapatkan juara 2 ajang Physic Carnival 2018 kategori lomba kompetisi gagasan ilmiah 2018 se-Jawa Timur. Ajang tersebut diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa FMIPA Fisika Universitas Jember.

Tak heran jika ketiganya berhasil memboyong juara. Sebab, gagasan yang disampaikan dalam karya ilmiahnya begitu menarik. Mereka menciptakan sebuah gagasan untuk membuat bio gas berbahan dasar batang tembakau yang ramah lingkungan. Judul karya ilmiahnya juga sangat menarik yaitu Bat-Bio: Inovasi Asap Cair Berbasis Limbah Batang Tembakau sebagai Energi Alternatif Biofuel Menuju Energi Mandiri Indonesia. Ini merupakan gagasan cemerlang dan luar biasa untuk anak seusia mereka.

(baca juga: Juara 1 Poster Nasional di UGM Yogyakarta, Terinspirasi dari Keprihatinan Remaja atas Bahaya Narkoba)

Sebelum tampil sebagai pemenang, banyak hal yang harus dilalui oleh mereka. Di babak penyisihan mereka mengirimkan abstrak. Abstrak yang mereka tulis berhasil menarik perhatian juri. Hingga akhirnya ketiganya berhak berlanjut ke babak berikutnya yaitu penulisan full paper dan presentasi gagasan dalam bentuk video. Jadi, babak finalnya adalah video presentasi produk. Prestasi yang membanggakan, mereka berhasil bersaing dengan 8 tim lainnya asal berbagai daerah se-Jawa Timur.

Berdasarkan hasil penilaian juri, tim KIR SMA Nuris Jember berhasil bersaing dengan tim KIR MA Darul Ulum Banyuwangi,sebagai juara 1 dengan judul Pemanfaatan Sungai di Rogojampi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Vortech dan tim KIR MA MA’arif NU Kencong, Jember sebagai juara 3 dengan judul Memanen Energi dari Sampah, Sarana Sukseskan SDGS 2030. “Alhamdulillah sekali, kami bisa mengharumkan nama SMA Nuris Jember di bidang karya ilmiah remaja. Akhirnya perjuangan kami terbalaskan dengan kemenangan ini. Namun, kemenangan ini bukan akhir dari segalanya melainkan sebagai motivasi kami untuk selalu berinovasi,” kata Sukmal, selaku ketua tim karya ilmiah remaja tersebut.

Sebagai penghargaan pihak FMIPA Fisika Universitas Jember, ketiga siswa cerdas tersebut diundang untuk menghadiri acara puncak pada hari Minggu, 28 Oktober 2018 juga mengikuti field trip berupa pengenalan laboratorium di FMIPA Universitas Jember. Sebagai apresiasi, tim karya ilmiah remaja SMA Nuris Jember ini berhasil membawa pulang piala, sertifikat, dan uang pembinaan.

(baca juga: Cintai Akutansi, Tiga Siswa SMA Nuris Jember Juara 1 Accounting Fair 2018 Tingkat Nasional)

“Semoga tim karya ilmiah remaja Nuris konsisten dalam bidang prestasi dan selalu memberikan inovasi baru,” pungkas Desi Maya, kepala ekstrakurikuler sains yayasan Nurul Islam Jember. Dalam  Phyisic Carnival ini, SMA Nuris Jember mengirimkan 3 tim karya ilmiah remaja. Namun, dua tim yang lain sebagai finalis karena hanya lolos sampai ke babak final saja dan belum berhasil tampil sebagai pemenang. (red/Yuv)

Related Post