Utamakan Pendidikan, Bekal Dunia dan Akhirat

Penulis: Alfin Selfiana

Pesantren Nuris- Pendidikan adalah suatu proses yang dilakukan untuk mendidik masyarakat agar tercipta suatu kader penerus. Tahukan kalian bahwa pendidikan itu penting? Memang benar pendidikan itu sangat berpengaruh bagi setiap anak karena dengan pendidikan kita akan menemukan masa depan yang cerah. Anak-anak harus dididik sejak dini, sebab waktu tersebut merupakan masa dimana seorang anak mudah merekam dan menyerap pelajaran yang diberikan.

Lantas, apakah benar masa tua merupakan masa yang paling susah untuk mengingat dan merekam hal yang dipelajari? Memang benar karena di masa tua adalah masa di mana orak sudah terlalu banyak memori, sehingga susah untuk mengingat hal-hal yang dipelajari. Dengan demikian pendidikan harus diberikan pada anak sejak dini, agar tercipta generasi penerus bangsa yang cerdas, pintar, dan dapat dipercaya.

(baca juga: Bagaimana Cara Mengejar Impian?)

Ilmu wajib dituntut oleh setiap orang termasuk seorang muslim, sejak usia 7 tahun hingga kelak masuk ke dalam kubur. Bukan hanya ilmu pengetahuan umum saja yang harus dipelajari, melainkan ilmu agama sangat penting untuk dipelajari. Keduanya harus berjalan secara seimbang. Ketika kita berhasil menyeimbangkan keduanya, maka kita termasuk orang yang beruntung. Sebab pengetahuan umum yang kita miliki akan menuntun kita selama hidup di dunia, sedangkan pengetahuan tentang agama yang kita miliki akan menuntut kita di akhirat kelak.

(baca juga: Optimis Biar Makin Manis)

Coba kita fikirkan lebih jauh, apabila masyarakat Indonesia tidak berpendidikan, apa yang terjadi? Pasti Indonesia tidak akan maju, sebab rakyatnya bodoh. Saat itulah puncak kehancuran negara Indonesia, dengan mudahnya dijajah oleh bangsa lain, sebab rakyatnya tidak memberontak karena rendahnya pengetahuan. Oleh karena itu, marilah kita sadari begitu penitngnya pendidikan baik untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak.

Penulis merupakan siswa kelas X B SMA Nuris Jember yang juga anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net.

Related Post