Khasiat Daun Saga untuk Kesehatan

Penulis: Juwita Indah*

Meski dunia kedokteran semakin canggih, namun banyak orang yang tetap berpaling pada tanaman obat alias herbal.Masyarakat umum terutama di daerah pedesaan meyakini manfaat daun saga sebagai obat maag/lambung, batuk, pilek, demam, sakit perut, dan berbagai penyakit lainnya.Daun saga adalah tanaman yang tumbuh secara liar di ladang, kebun, hutan, atau sengaja ditanam di pekarangan sebagai tanaman rambat.

(Baca juga: manfaat musik bagi kesehatan)

Kali ini,kita akan membahas khasiat daun saga untuk kesehatan yaitu sebagai obat herbal untuk mengatasi gangguan pada lambung.Tak jarang sahabat santri mempunyai penyakit yang satu ini.Sakit lambung ibarat maag atau asam lambung.Jika lambung sakit, biasanya penderita akan merasa mual, muntah, merasa lapar, terasa panas ibarat terbakar di belahan perut.

Salah satu cara untuk mengatasi penyakit maag/lambung dengan cara yang alami,yakni menggunakan Daun Saga.Daun saga mirip dengan daun kelor dimana bentuk daunnya majemuk atau sama dan dalam jumlah yang banyak. Daun saga merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di daerah tropis.

Buah kecil di bawah batangnya bewarna merah dan biasa disebut biji rosario dan dikenal mengandung zat beracun ‘abrin’. Gejala umum keracunannya biji tanaman rosario adalah mual, muntah, diare, dan kesulitan bernapas.

Dalam beberapa kasus, buah dari tanaman saga ini dapat menyebabkan anuria (anuresis) dan penyakit jantung. Penggunaan yang tidak bijaksana dari bagian manapun dari tanaman Rosario, dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Oleh karena itu, buah tanaman saga atau kacang rosario dan juga daun saga tidak digunakan dalam bentuk mentah, termasuk dalam pengobatan tradisional.

(Baca juga: ini dia manfaat buah apel bagi ibu hamil)

Lantas, apa saja manfaat daun saga bagi kesehatan?
1.Membantu Mengatasi Demam. Demam adalah kondisi di mana suhu tubuh naik dari suhu normal yaitu 37,5 derajat Celsius. Penyebab demam yang paling umum terjadi adalah adanya infeksi virus atau bakteri.

2. Mengatasi Gejala Flu. Flu adalah infeksi yang disebabkan oleh virus akut yang menyerang hidung, tenggorokan dan paru-paru. Beberapa orang percaya kalau daun saga dapat berkhasiat untuk mengatasi flu. Caranya adalah dengan meminum ekstrak daun saga.

3. Membantu Mengatasi Asma. Asma adalah kondisi di mana saluran pernapasan meradang, sempit atau membengkak dan menghasilkan lendir berlebih sehingga membuat seseorang kesulitan bernapas. Dalam pengobatan Ayurvedic, daun saga dapat digunakan untuk mengatasi masalah asma. Ayurvedic sendiri adalah salah satu pengobatan holistik tertua di dunia. Cara penyembuhannya menggunakan ekstrak akar dan daun saga dan metode alternatif dalam mengatasi berbagai penyakit, termasuk asma.

Nah itu tadi beberapa manfaat atau khasiat daun saga bagi kesehatan, semoga bermanfaat ya!

Sumber gambar: intisari.grid.id

Penulis merupakan siswa kelas XI IPS SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post