Buku Tentang Cara Berbisnis Ala Rasulullah

Judul Buku: Belajar Bisnis Ala Rasulullah Selagi Mahasiswa Why Not?
Penulis: Wildan Fuady
Penerbit: Quanta PT Elex Media Komputindo
Tahun Terbit: 2014
Tebal Buku: 204 Halaman
ISBN: 978-602-02-4953-7
Peresensi: Deli Annisa Virca*

Buku ini ditulis oleh Wildan Fuady, pria kelahiran 1994 seorang santri di Pesantren Mahasiswa Maiftahul Khoir yang mengenyam pendidikan di kampus STMIK “AMIK BANDUNG”. Pria yang kesehariannya disibukkan dengan bisnis, membaca, menulis dan berkreasi ini pernah meraih penghargaan 100 cerpen terbaik dengan judul Surti (Surat Tercinta Untuk Indonesia) yang diadakan oleh FAM Publishing.

(Baca juga: sebuah novel tentang kehilangan)

Buku yang berhasil ditulis pada 6 Desember 2013 ini berisi tentang segala hal yang berhubungan dengan dunia bisnis. Namun tetap dengan cara islami. Buku ini terdiri dari 9 bab dimana masing-masing bab membahas hal yang sering dialami oleh para pengusaha.

Mulai dari pembahasan pemuda-pemudi pejuang bangsa, berani mandiri, seputar dunia kampus,suka duka menjadi pebisnis hingga menggapai bahagia dengan berbisnis di usia muda. Dalam buku ini penulis juga selalu melibatkan Islam dalam pembahasannya. Itu artinya selain berjuang dan berusaha untuk menggapai mimpi, kita juga harus berdoa dan berserah diri kepada Allah Swt.

Latar belakang penulis yang merupakan seorang santri juga menambah poin pls dalam buku ini. Sehingga membantu memberi dorongan untuk para santri bahwa selain bisa mengaji santri juga bisa berinovasi. Buku ini juga merupakan salah satu trik mengoptimalkan potensi mahasiswa untuk berkarya, membuka ladang usaha dan membanggakan orang tua.

(Baca juga: Bedah buku trilogi maha guru bulan di atas kabah)

Judul dan isi buku ini memang ditujukan untuk mahasiswa, namun  buku ini juga cocok dibaca oleh remaja Islami yang berminat dan berniat untuk menjadi pebisnis. Bahasa yang digunakan penulis merupakan bahasa sehari-hari yang ringan dan mudah dipahami. Tidak menutup kemungkinan orang yang sedang menjalankan bisnis juga membaca buku ini sebagai referensi.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post