Kepala SMP Al Azhar Muncar Terkesima dengan Penampilan Baca Kitab Santri Nuris

Kepala SMP Al Azhar Muncar Terkesima dengan Penampilan Baca Kitab Santri Nuris

Pesantren Nuris – Studi banding dari Yayasan Pendidikan dan Sosial Al Azhar (YPIS) Muncar Banyuwangi di MA Unggulan Nuris Jember memberikan kesan mendalam bagi Balya Hidayat, M.EI, sekretaris YPIS Bidang Formal, dan Nailul Abror, S.Pd.I, Kepala SMP Al Azhar Muncar (13/2). Mereka melakukan tes baca kitab kepada dua siswa kelas XI PK A MA Unggulan Nuris Jember dan mampu dituntaskan dengan baik.

Penampilan baca kitab tersebut dilakukan oleh Ahmad Fauzan dan M. Maulana Ishaq. Kitab yang mereka bacakan yakni, Taqrib dan Fatkhul Qorib. “Meski tanpa persiapan khusus, kami berusaha tampil sebaik mungkin dan bisa menjawab pertanyaan dari Ustad Balya dan Ustad Nailul.” Kata Fauzan.

(Baca juga: Ulama Thailand Tertarik Terjemahkan Buku KH. Muhyiddin Abdusshomad )

“Ini dadakan sekali, Gus Robith, Pengasuh kami meminta kami menunjukkan kemampuan membaca kitab kuning kepada kepala SMP Al Azhar dan MA Unggulan Al Azhar Muncar tersebut. Alhamdulillah semua berjalan lancar.” Imbuhnya.

“Luar biasa geh, santri plus siswa MA Unggulan Nuris Jember tidak hanya berprestasi di bidang sains dan robotika, tetapi juga mampu membaca kitab Taqrib dan Fatkhul Qorib beserta nahwu shorrofnya. Mereka hafal dalil alfiyah dan imrithynya dengan lancar. Salut.” Ungkap Ustad Nailul.

“Saya semakin penasaran dengan lembaga Pesantren Nuris Jember ini. Banyak hal yang membuat saya terkesima karena bisa memadukan sistem salafiyah dengan sistem modern di MA Unggulan Nuris Jember.” Imbuhnya.

(Baca juga: Prestasi MA Unggulan Nuris Jember Fantastis, SMP dan MA Unggulan Al Azhar Muncar Laksanakan Studi Banding )

“Alhamdulillah, mereka puas dengan penampilan baca kitab santri Nuris tersebut. Meski tanpa persiapan, karena mereka sudah terbiasa dalam pembelajaran, akhirnya mampu membuat Ustad Nailul penasaran dan terus mengetes halaman demi halaman kepada Fauzan dan Ishaq.” Kata Gus Robith Qoshidi.[AF.Red]

dsc01421

 

Related Post