Sengitnya English Competition 2018, SMA Nuris Jember Juara Speech Se-Eks Keresidenan Besuki

Sengitnya English Competition 2018, SMA Nuris Jember Juara Speech Se-Eks Keresidenan Besuki

Pesantren Nuris – Januari 2018 ini, siswa SMA Nuris Jember telah mendulang prestasi. Nur Lailatul Izza, siswa kelas XI IPA 1 tersebut, meraih juara harapan 2 speech dalam ajang English Competition 2018 di SMAN 2 Jember (14/01/2018).

Meski harus puas sebagai juara harapan, Ella, panggilan akrab siswa cerdas SMA Nuris Jember ini, tetap bisa berbangga. Dia menyisihkan 78 peserta dari puluhan sekolah negeri atau pun swasta di se-Eks Keresidenan Besuki.

Lomba bergengsi ini diselenggarakan oleh forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Inggris di Jember. Guru-guru Bahasa Inggris mendelegasikan segenap siswa terbaiknya dalam ajang ini.

(baca juga: Raih Juara Menulis Artikel Tingkat Nasional, Siswa Jenius Ini Gabung Ekskul Jurnalistik Nuris)

Cabang Speech Contest 2018 ini diselenggarakan dengan 2 babak dalam 3 kelompok. Ini semakin membuat lomba tersebut semakin kompetitif mulai dari penyisihan hingga final. Di babak penyisihan terseleksi 4 peserta terbaik dalam setiap kelompok. Beruntungnya, SMA Nuris Jember terjaring dua anak yang masuk babak final dari total 12 peserta terbaik. Dia adalah Dewi Manila dan Nur Lailatul Izza.

Mereka bertarung lagi di babak final berhadapan dengan sekolah favorit lainnya seperti SMAN 1 Jember, SMAN 2 Jember, atau pun SMAN 5 Jember. Di babak final, kedua siswa jenius ini tidak sekadar menghafal teks seperti di penyisihan, tetapi menulis teks sendiri dengan tema yang dadakan dalam waktu 30 menit dan membacakannya.

Setelah penampilan selesai, akhirnya tiba saat pengumuman para juara oleh dewan juri. Mereka yang juara speech contest yakni, Firman Syauqi M dan Talitha Vanya Ekta sebagai juara 1 dan 2 dari SMAN 1 Jember. Juara 3 diraih oleh Galang Cahyo P dari SMAN 2 Jember, harapan 1 atas nama Bachtiar Nur Budiman dari SMAN 5 Jember. Sedangkan Dewi Manila butuh lebih belajar lagi sebab masih masuk nomor urut 12.

(baca juga: Faidiyatul Raih Juara 1 Lomba Baca Cerpen Se-Provinsi di Unair Surabaya)

Septian Yuwandis, guru pendamping sekaligus pembina speech contest merasa puas meski anak didiknya masuk harapan saja. “Kali ini lawan-lawannya berat sekali, semua peserta bagus-bagus dan merata. Alhamdulillah SMA Nuris Jember telah menyiapkan semua dengan baik. Di antara sekolah negeri favorit, kita bisa disejajarkan.”

“Selain speech contest kita tembus juara dan memasukkan 2 anak yang go final, anak olimpiade juga juara 2. Nuris bersandingan dengan sekolah favorit, saya bangga sekali. Semoga Ella dan Nais yang juara ini terus meningkatkan semangat prestasi dan belajar lebih baik lagi. Khususnya Ella, nanti kami evaluasi lagi kekurangannya untuk kompetisi di masa depan.”[AF.Red]

Related Post